Zoology Invertebrata: Mengenal Dekat Hewan-Hewan Porifera

  • Mengenal Porifera

Invertebrata paling simple adalah porifera, yang sering dikenal dengan spons. Anatomi dari spons sangat simple, dan umunya cuma terdiri dari spikula silika dan sel khusus koanosit. Porifera sebenarnya adalah organisme sesil, menetap di satu tempat, tidak berpindah-pindah seperti tokoh kartun Spongebob yang punya kaki. Porifera memakan dengan menyaring makanan lewat pori-pori tubunya, bukan dengan mulut. 

Spongebob memang agak konyol, karena sebenarnya dia tidak punya otak. Bukan dalam artian bodoh-, tetapi karena memang makna sebenarnya porifera tidak memiliki otak. Porifera tidak memiliki sel yang berhubungan dengan satu sama lain dengan pertautan sinaptik, yaitu, tidak ada neuron, dan oleh karena itu tidak ada sistem saraf. Namun, mereka memiliki homolog dari banyak gen yang memainkan peran penting dalam fungsi sinaptik.. Walaupun sel porifera tidak menunjukkan transmisi sinaptik, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain melalui gelombang kalsium dan impuls lain, yang memediasi beberapa aksi sederhana seperti kontraksi seluruh tubuh.


Porifera memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti Spongia sp. dan Euspongia officinalis yang digunakan sebagai spons mandi, zat kimia yang dikeluarkan pun memiliki potensi sebagai obat anti kanker dan beberapa penyakit lain. Bahkan porifera yang sudah mati pun masih dapat dimanfaatkan sebagai hiasan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meskipun memiliki struktur yang  sangat sederhana tetapi porifera tetap bermanfaat meskipun dalam keadaan hidup maupun susah mati. 

(Ditulis oleh: Anggita Eka Pratiwi, Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Lampung).


Comments :

0 comments to “Zoology Invertebrata: Mengenal Dekat Hewan-Hewan Porifera”

Post a Comment

Powered by Blogger.